Minggu, 16 November 2008

Komputer dan Masyarakat
Masyarakat informasi lahir pada tahun 1956 yang merupakan
fenomena dimana terdapat jumlah pekerja ahli dibidang tehnik,
manajemen dan administratif melampaui jumlah buruh.
Masyarakat baru itu muncul karena :
1. Sektor ekonomi, berubah dari bentuk ekonomi yang menghasilkan
barang ke ekonomi pelayanan jasa.
2. Distribusi pekerjaan, munculnya kelas professional dan kelas
teknis.
3. Ilmu pengetahuan merupakan sumber utama dan mempengaruhi
pola kebijaksanaan dalam masyarakat.
4. Orientasi masa depan, pengendalian dan penghargaan yang lebih
besar terhadap teknologi.
5. Pengambilan keputusan, akan berbasis pada teknologi yang
canggih.
Sejak saat itu mulailah perkembangan didunia informasi, yang jika
masyarakat industri dahulu mengutamakan modal sedangkan
masyarakat informasi lebih mengutamakan keahlian.
Contoh : perusahaan IBM, AT&T, Intel, Motorola dan lain sebagainya
yang memiliki tenaga ahli dalam jumlah yang besar, kemajuan usaha
mereka sangat ditentukan oleh penemuan-penemuan baru dalam
ilmu pengetahuan.
Ciri masyarakat informasi ditunjukkan dengan makin tersedianya
computer bagi masyarakat, ketergantungan yang semakin besar
terhadap jaringan komunikasi yang menghubungkan perumahan,
kantor dan pusat-pusat data dan membesarnya pengaruh dari
elektronika mikro dalam kehidupan masyarakat.
Aplikasi-aplikasi yang ada dimasyarakat :
1. Surat elektronik
Pengiriman surat melalui jaringan computer
Contohnya Email
2. Konferensi jarak jauh
Salah satu bentuknya adalah pengiriman pesan kebanyak peserta
konferensi sekaligus, yang beroperasi pada jaringan komunikasi
data paket.
Konferensi jarak jauh merupakan evolusi dari system surat
elektronik, dimana adanya keinginan untuk menyampaikan pesan
ke beberapa penerima sekaligus. Keinginan untuk tidak hanya
mendengarkan suara tapi juga citra visual yang ditampilkan
merupakan kemajuan dari konferensi jarak jauh.
Electronic Information Exchange System (EIES), dikembangkan
untuk menemukan hal-hal yang dianggap penting dalamkonferensi computer jarak jauh. Perkembangan terakhirnya adalah
Video Conference, suatu bentuk konferensi jarak jauh dengan
kemampuan untuk menampilkan gambar atau citra pembicara.
Kelebihan yang bisa diperoleh jika menggunakan Video Conference
adalah mengurangi biaya perjalanan, meningkatkan kemampuan
koordinasi sehingga dapat meningkatkan persaingan dipasaran.
3. Video text
Pemakai dapat melakukan transaksi ekonomi dengan
menggunakan suatu perangkat khusus yng terdiri dari televisi dan
keyboard untuk melakukan jenis-jenis kegiatan sebagai berikut :
◊ Penganbilan kembali informasi, seperti data base, surat kabar
elektronik hiburan, olahraga, pelayanan kesehatan dan
masyarakat.
◊ Transaksi
◊ Penyampaian pesan
◊ Monitoring jarak jauh
◊ Komputasi sebagai terminal computer
◊ Bekerja dirumah bentuk pekerjaan yang bisa dilakukan dengan
bersosialisasi dapat dilakukan dari rumah seperti agen
perumahan agen perjalanan, tenaga pengolah data dan lain
sebagainya
◊ Pendidikan dirumah, dengan alat ini yang memungkinkan kita
berinteraksi langsung dengan pendidikan tanpa memperhatikan
perbedaan jarak dan ruang waktu lagi
Tiga jenis pelayanan informasi utama yaitu :
1. Pengambilan informasi dari database, database yang menampung
berbagai macam informasi, pemakai harus menghubungkan diri
dengan database yang dipilih, menyiapkan pertanyaan yang
diperlukan dan bertanya ke database.
2. Teletext, sistem yang menyediakan arus informasi yang continue
yang dapat diperoleh melalui kanal televisi.
3. Videotext, bentuk komunikasi informasi dua arah. Jalur telephone
digunakan untuk menghubungkan pemakai dan komputer pelayan
jasa. Bentuk informasi yang dikirimkan dapat berupa gambar atau
text biasa.
Masalah yang akan dihadapi masyarakat dengan adanya masyarakat
informasi :
1. Struktur masyarakat, bergesernya arti sosialisasi diantara
masyarakat.
2. Proses pengambilan keputusan, keputusan yang akan diambil
apakah berdasarkan kepentingan bersama atau kepentingan kaum
tertentu saja.
3. Pilihan yang baru, tidak nyata atau semakin kabur pilihan yang
sesuai dengan kebutuhan kita atau mengikuti perkembangan yang
ada tanpa mengetahui bermanfaat untuk kita atau tidak.4. Kesenjangan sosial akan tercipta semakin tajam.
5. Struktur ekonomi, apakah produk yang ada sudah memenuhi
keinginan konsumen atau sebaliknya.
6. Pelayanan keuangan, semakain bergesernya nilai uang kontan.
Pandangan kedepan terhadap masyarakat informasi :
1. Pengikisan terhadap kepentingan nasional
2. Terhentinya arus informasi
3. Meningkatnya pengangguran
4. Masalah kawasan industri
5. Reorganisasi ekonomi
6. Ancaman terhadap kebudayaan nasional

Tidak ada komentar: